top of page
Search
  • Writer's pictureHendri Jayaseo

Penempatan Alur Informasi dalam Artikel



Bagi seorang blogger, menulis merupakan suatu hobi yang bisa menghasilkan karya. Namun dalam penulisannya, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satu hal yang cukup penting adalah alur informasi dalam tulisan. Karena menyajikan artikel yang informatif buat audiens, pastinya merupakan tujuan penulisan kamu. Namun jika dirasa kesulitan, ada baiknya kamu menggunakan jasa penulis artikel sebelum menguasai membuat artikel yang informatif.


Penempatan Alur Informasi dalam Tulisan yang Kamu Buat


Dalam membuat tulisan yang ditujukan agar dibaca audiens, kamu perlu membuat alur informasi artikel. Alur informasi tersebut penting agar tujuan artikel kamu tersampaikan pada pembaca. Agar artikel informatif, kamu perlu memperhatikan alur berikut ini.


1. Buatlah judul yang informatif sesuai dengan isi tulisan

Judul merupakan bagian penting dari sebuah artikel. Karena dengan membaca judul, audiens bisa menentukan informasi apa yang terkandung di dalam artikel. Untuk itu, hindarilah membuat judul clickbait atau yang ngga sesuai dengan isi tulisanmu. Namun perhatikan juga pembuatan judul yang menarik. Karena terkadang, selain melihat dari informasi yang akan disampaikan, pembaca juga cenderung membaca judul yang menarik.


2. Lead atau pengantar artikel yang berisi informasi yang spesifik

Setelah membaca judul, hal kedua yang membuat pembaca melanjutkan membaca pada halaman kamu adalah informasi yang real pada lead serta skema blog atau penulisan sangat baik. Disini, kamu juga perlu menyampaikan secara spesifik tujuan dari penulisan, atau tema yang telah dipersempit. Dalam penyampaiannya, kamu perlu menampilkan ide pokok mupun arah tulisan secara jelas dan blak blakan. Berbeda dengan penulisan judul, yang terkadang masih mengandung unsur clickbait.


3. Tampilkan foto penunjang informasi agar audiens lebih tertarik, dan tulisanmu menjadi lebih informatif. Dalam alur informasi, judul cukup penting buat kamu sertakan. Karena dengan adanya gambar, pembaca akan lebih mengerti tentang bahasan.


4. Sampaikan informasi di seluruh bagian paragraf

Usahakan dalam menampilkan topik penulisan, masukkan informasi di seluruh paragraf. Dengan begini, pembaca akan bisa mengikuti arah tulisan yang diinginkan penulis.

Masih bingung dalam penempatan alur informasi dalam artikel? Kamu bisa mempraktekkannya dengan membuat artikel dan menerapkan penempatan alur tersebut. Namun jika kamu masih bingung dan ngga ingin ribet, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan artikel yang kini banyak ditawarkan di internet.

24 views0 comments
bottom of page